Cara Membuat Blog di WordPress.org 2017 | Lengkap

Cara membuat blog itu sangat mudah. Jika Anda sampai kehalaman ini besar kemungkinan Anda belum bisa membuat blog sendiri. Tapi itu bukan masalah! Disini saya akan membantu Anda langkah demi langkah mudah bagaimana cara membuat blog di WordPress.org sampai Anda bisa!

WordPress adalah salah satu platform blogging terpopuler didunia. Hal yang membuat WordPress semakin populer adalah mudah digunakan, disesuaikan dan juga gratis. Ini menjadi pilihan yang tepat untuk memulai membuat blog.

Tidak perduli apakah anda seorang pemula atau seorang master web. WordPress menjadi pilihan terbaik untuk membangun sebuah blog yang profesional dalam jangka panjang.

Ada 2 cara bagaimana membuat blog dengan platform wordpress. Cara pertama menggunakan WordPress.com, dan cara kedua menggunakan WordPress.org. Pada postingan ini, saya hanya akan membahas bagaimana membuat blog dengan platform WordPress.org.

Meskipun membuat blog dengan platform WordPress.og itu mengeluarkan sedikit biaya, namun untuk kedepanya jauh lebih baik dari pada Anda membuat blog secara gratis dengan WordPress.com.

Pilih Mana Blog Gratis Atau Berbayar?

Walaupun ada beberapa platform Gratis untuk membuat blog, namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui yaitu;

  • Tidak Control – Blog Anda sedang di host di website lain (misalnya, wordpress.com, tumblr.com, blogspot.com). Jika Anda melanggar persyaratan layanan mereka (bahkan oleh hacker), mereka dapat menghapus blog Anda setiap saat.
  • Tidak ada Kustomisasi – Anda tidak dapat menggunakan semua plugin gratis atau tema. layaknya wordpress.org, Anda bahkan tidak dapat menggunakan tema kustom agar blog Anda terlihat profesional.
  • Keterbatasan lain – Ruang bebas hanya 3GB. Untuk posting, gambar, dan mungkin juga video dan itu tidak cukup untuk sebuah blog profesional (kecuali blogger).

Masih ingin lanjut membuat blog dengan platform WordPress.org? Lanjutkan membaca hingga akhir postingan ini.

Ok, untuk menghemat waktu Anda dalam membuat blog, kita akan memulai dari langkah awal. Berikut ini hal hal yang perlu anda lakukan sebelum memulai membuat sebuah blog.

Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Sebuah Blog?

Berikut ini hal hal yang perlu Anda siapkan sebelum memulai membuat blog baru:

1) Perencanaan

2) Memilih Nama Domain

3) Memilih Layanan hosting

4) Instalasi WordPress

5) Melakukan Pengaturan

6) Memilih Tema

7) Instalasi Plugin

8) Mulai Menulis Artikel

1) Perencanaan Topik / Niche

Passion sangat penting untuk kesuksesan blog Anda kedepan. Tanpa itu, cepat atau lambat blog Anda pasti akan tumbang atau terbengkalai karena Anda tidak punya ide lagi.

Mengetahui passion Anda memudahkan Anda dalam membangun dan merawat situs Anda.

Jadi, saat merencanakan blog baru Anda, tanyakan pada diri Anda:

  1. Apa yang benar-benar Anda sukai?
  2. Apa keahlian anda
  3. Bisakah Anda menulis tentang keahlianmu?

Jika Anda  menyukai atau ahli dalam bidang seni, alangkah bainya Anda menulis tentang “seni”. Bukan berarti tidak membolehkan Anda dalam memilih banyak niche blog yang Anda sukai. Tapi alangkah baiknya Anda fokus pada satu topik saja yang paling Anda sukai dan pahami.

Alasannya adalah apabila Anda memilih banyak topik, biasa9nya akan membingungkan pembaca Anda, selain itu Anda akan kesulitan dalam menulis posting blog.

Jika Anda dapat menulis artikel dengan baik, Anda akan dipandang oleh pembaca sebagai ahli dalam topik Anda. Dan saat itulah Anda bisa menikmati sebagai seorang blogger sejati. Sebagai seorang ahli, Anda dapat meyakinkan pembaca untuk berlangganan, berkomentar, berbagi dan bahkan membeli dari apa yang anda tawarkan.

2) Memilih Nama Domain / Alamat Situs Web

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, Pastikan Anda sudah memilih nama domain.

Anda bisa membeli domain dimana saja yang Anda suka. Saya pribadi lebih mempercayaakan di Idwebhost dari pada yang lain (berdasarkan dari berbagai pertimbangan).

Mengapa nama domain itu penting?
  • Nama domain adalah “kesan pertama” untuk pengunjung website Anda.
  • Nama domain konon mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari.
  • Nama domain mewakili Niche blog Anda atau Bisnis Anda.

Dan berikut ini ada beberapa tips untuk memilih nama domain yang sesuai dengan tujuan Anda membuat sebuah website;

  • Pilih Sesuai Bisnis Anda. Sebuah nama domain yang unik dan sesuai dengan bisnis Anda memudahkan pengunjung untuk mengenal lebih jauh tentang bisnis Anda.
  • Pilih nama domain yang ringkas. Beberapa situs web preofesional biasanya memilih nama domain yang ringkas dan tidak terlalu panjang. Seperti yang saya lakukan seo-id.net.
  • Mudah untuk mengetik dan mengucapkan. Usahakan Nama domain Anda tidak tidak sulit untuk di ucapkan dan sulit untuk di ketik dibrowser. Tujuanya adalah untuk mempermudah pengunjung untuk mengenalkan website Anda keorang lain dan memudahkan mereka untuk menulis dibrowser mereka untuk mengunjungi situs web Anda.

Silahkan Anda berfikir sejenak untuk memilih nama domain yang sesuai dengan tujuan Anda membuat website. Silahkan ambil secangkir kopi hitam untuk menemanimu untuk mengecerkan pikiran Anda.

 

3) Memilih Layanan Hosting

Saya selalu mempercayaan kepada www.idwebhost.com untuk hosting blog saya ini dan beberapa blog saya lainya. Saya sudah beberapa kali mencoba layanan hosting di luar sana, namun tidak ada yang sesuai dengan keperluan saya.

Ada banyak lagi penyedia layanan webhosting diluar sana seperti niagahoster.co.id yang memberikan GRATIS domain selamanya asal Anda membeli hosting disana minimal 1 tahun. Anda bisa mencoba hosting di niagahoster.co.id siapa tahu cocok untuk Anda.

Layanan web hosting mereka tidak terlalu mahal kok dibandingkan hosting luar yang membutuhkan biaya minimal $10 perbulanya. Dan jika Anda hosting di Indonesia minimal harganya cuma 3ratusan saja untuk setahunya. Murah bukan? Apalagi GRATIS domain selamanya.

Ow iya Anda bisa memilih produk hosting mereka yang paling murah. Karena Anda masih pemula dan blog Anda masih baru yang tidak terlalu membutuhkan fitur terbaik (kecuali situs Anda sudah memiliki ratusan ribu perharinya).

Nah apabila Anda sudah memiliki puluhan ribu pengunjung tiap harinya Anda bisa mengupgrade ketingkat yang lebih tinggi lagi.

4) Instalasi WordPress

Ok, saya Anggap Anda sudah memiliki nama domain dan hosting yang sudah Anda beli. Maka kita mulai untuk menginstal CMS WordPress di Hosting Anda.

Untuk mempermudah Anda untuk menginstal WordPress di hosting yang sudah Anda beli, Anda bisa melihat vidio tutorial cara mengistall wordpress di Idwebhost. atau membaca langsung disitus resmi IdwebHost.

selesai, namun Anda bisa berhenti sejenak untuk meminum kembali secangkir kopi hitam yang sudah Anda buat tadi hehehe.

5) Melakukan Pengaturan Situs

WordPress adalah SISTEM CMS yang cukup baik untuk dioptimalkan, dengan melakukan settingan yang tepat, dapat memudahkan search engine untuk mengindex dan menempatkan peringkat baik di search engine. Tapi semua itu tetap harus mendapatkan dukungan dari berbagai hal yang tidak bisa saya ceritakan dihalaman ini.

Untuk melakaukan settingan pada wordpress, silahkan masuk pada wpadmin Anda.

Silahkan login dengan username dan password Anda. Kemudian silahkan klik pada Settings. Lihat gambar;

cara membuat blog di wordpress gambar 1

Nah untuk melakukan settingan yang tepat, Anda bisa membaca langsung disini.

6) Memilih Tema

Agar blog Anda terlihat lebih profesional, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengganti themes pada WordPress Anda.

Nah contohnya jika Anda melakukan broswing kesitus – situs prefesional, pastinya Anda akan betah bertahan disana karena tampilanya yang enak dipandang mata, apalagi situs tersebut menyajikan artikel artikel yang berkualitas tinggi. Makin betah bukan?

Untuk mencari desain themes gratis dan keren, Anda bisa melihat di galeri themes WordPress yang bisa Anda pilih!

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika Anda ingin menginstal sebuah tema WordPress baru adalah melakukan login ke halaman wp admin Anda. Sesampai di sana, silahkan klik pada Apperance -> Themes. Lihat gambar;

cara membuat blog gambar 2

Ingin lebih lengkap cara mengganti themes wordpress? Baca disini.

7) Instalasi Plugin

Plugin adalah alat untuk memudahkan mengoptimasi situs WordPress Anda. Untuk menginstal plugin umumnya Anda hanya perlu menguploud file plugin ke direktori ‘wp-content / plugins’ Anda.

Namun jika Anda kesulitan untuk menguploud file plugin ke direktori, Anda bisa langsung menginstal pada wpAdmin Anda dengan cara klik pada tombol Plugins -> Add New. Lihat gambar;

Untuk mencari plugin terbaik Anda bisa membaca disini.

cara membuat blog gambar 3

Untuk lebih detail tentang cara menginstall plugin wordpress Anda bisa membaca disini.

Setelah plugin terinstall Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan pada wp Admin Anda.

8) Mulai Menulis Artikel

Untuk mulai membuat artikel baru di WordPress Anda, cari menu Posts di sisi kiri dari Dashboard WordPress. Anda dapat mengarahkan kursor ke link Posts kemudian klik pada menu Add New. Lihat gambar;

cara membuat blog gambar 4r

Keterangan:

Sekarang Anda dihadapkan pada Halaman New Post di mana Anda dapat membuat postingan pertama Anda.

Kotak pertama adalah di mana Anda harus memasukkan judul postingan Anda.

Berikutnya adalah Bagian Format Pos. Di situlah tempatnya Anda mulai untuk menulis artikel pertama Anda.

Di bagian atas kolom kanan pada wordpress Anda akan melihat link Save Draft. Di sini, Anda dapat menyimpan posting sebagai draft jika Anda ingin menyimpannya untuk nanti. Jika Anda mengklik tombol Preview, Anda dapat melihat postingan Anda sebelum dipubliskan.

Anda juga dapat menambahkan Category dan Tags pada postingan Anda. Untuk menambahkan Category dan Tags Anda bisa melihat pada sisi kanan wordpress Anda.

Nah setelah Anda selesai menulis artikel dan menambahkan Category dan Tags. Anda bisa langsung mempubliskann Artikel pertama Anda.

 

Apakah artikel ini dapat membantu Anda? Apabila iya, mohon share kepada teman teman Anda di fecebook, twitter maupun Whatsapp.

Terima Kasih.

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *