Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) di Blog WordPress

Cara membuat sitemap (Daftar Isi) di Blog WordPress. Memberi sitemap (Daftar Isi) pada sebuah blog adalah salah satu cara terbaik untuk mempermudah pengunjung blog dalam menemukan artikel artikel yang mereka cari yang mungkin terdapat dalam situs tersebut. Sehingga mereka tidak jauh jauh lagi dalam mencari sebuah artikel melalui blog / situs lain.

cara membuat sitemap diblog gambar 3

 

Maka dari itu, membuat sitemap dalam blog itu penting! Jika Anda tidak mau kehilangan salah satu pengunjung blog Anda. Hal ini disebabkan karena mereka kesulitan dalam mencari artikel menarik dari situs Anda (Jadi sangat disayangkan).

Jika Anda hanya mengandalkan link navigasi internal, widget artikel terbaru atau widget artikel terpopuler, maka tidak semua artikel yang menurut Anda berkualitas di situs Anda terlihat oleh pengunjung situs Anda.

Nah sekarang Anda sudah mengertikan betapa pentingnya sitemap / daftar isi dalam sebuah blogkan?

Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) di Blog WordPress

Didalam WordPress terdapat 2 cara dalama membuat sitemap (daftar isi) yaitu diantaranya dengan menggunakan plugin dan tanpa menggunakan plugin (manual).

Namun kali ini saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara membuat sitemap di wordpress dengan menggunakan plugin, kalau dengan cara manual saya kurang tahu hehehe.

Menginstall Plugin Sitemap (Daftar Isi) Simple Yearly Archive

Pertama silahkan download dulu plugin daftar isi disini Simple Yearly Archive. Kemudian uploud ke Worpress Anda. Namun apa bila Anda bingung bagaimana cara menguploud plugin wordpress, Anda bisa mengikuti langkah ini.

  1. Pertama arahkan kursor Anda ke Menu->Plugins->Add New, Kemudian masukkan kata kunci “Simple Yearly Archive“. Setelah Anda menemukan Install Plugin Simple Yearly Archive. Lalu aktifkan pluginya;

cara membuat sitemap diblog gambar 3

Setting Plugin Daftar Isi Simple Yearly Archive

Setelah Anda menginstall plugin daftar isi dan mengaktifkanya. Hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan settingan untuk menyesuaikan situs Anda.

  • Pertama pilih Menu->Settings->Simple Yearly Archive. Pada kolom “Date Format” Silahkan sesuaikan sesukamu. Kemudian pada kolom “Before / After (Year Headline) Tulis ” Selama Setahun ” atau apapun yang kamu suka. Kemudian centang pada colom “Show Categories After Each Post?” Selanjutnya klik pada “Update Option” untuk menyimpan settingan plugin.

cara membuat sitemap diblog gambar 4

Membuat Halaman Statik Sitemap

Plugin sudah selesai di install dan sudah disetting. Sekarang saatnya membuat halaman statik untuk memanggil sitemap Anda agar muncul dihalaman Situs Anda.

Pertama arahkan kursor Anda di Menu->Pages->Add New. Kemudian silahkan masukkan kode berikut ini untuk mengaktifkan sitemap situs Anda.

Berikut ini Codenya “ambil disitus resmi plugin” (ambil 1 saja yang paling atas). Bingung bagaiman caranya? Lihat gambar dibawah ini;

cara membuat sitemap diblog gambar 2

Sebelum Anda mempubliskan halaman sitemap, pastikan Anda Preview dulu supaya jelas apakah sitemap tersebut berfungsi.

Selamat Anda berhasil membuat sitemap pada website Anda. Sekarang Anda bisa memasang dimenu dimanapun yang Anda suka dan yang mudah dilihat oleh pengunjung blog Anda.

Nah itulah bagaimana cara membuat sitemap atau daftar isi pada sebuah blog WordPress, semoga bermanfaat bagi saya dan Anda semua. Amiin.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *